10 Alat dan Perangkat Konfigurasi Jaringan Terbaik

Alat Konfigurasi Jaringan Terbaik


Apa itu konfigurasi jaringan?

Konfigurasi jaringan adalah membangun kontrol, aliran, dan operasi jaringan. Manajemen konfigurasi jaringan bertanggung jawab atas pengaturan dan pemeliharaan perangkat jaringan Anda bersama dengan firmware dan perangkat lunak yang telah mereka instal. Perubahan pada pengaturan pada perangkat dapat merusak keamanan jaringan Anda dan merusak privasi pengguna Anda. Begitu, melacak pengaturan itu sangat penting. Firmware yang mengoperasikan perangkat jaringan Anda juga merupakan kelemahan keamanan potensial sistem Anda. Pabrikan peralatan terus-menerus merevisi firmware dan merilis pembaruan serta tambalan untuk memblokir eksploitasi yang baru ditemukan. Jadi, menjaga agar firmware selalu terbarui sangatlah penting.

Terlepas dari ukuran jaringan Anda, mau tidak mau menjadi sulit untuk melacak firmware pada setiap perangkat, jadi menginstal alat manajemen konfigurasi adalah suatu keharusan. Tidak seperti jenis alat manajemen jaringan lainnya, sangat sulit untuk menemukan manajer konfigurasi yang layak. Tidak banyak pilihan yang tersedia. Jadi, kami telah menggali lebih dalam dan memilih sepuluh opsi yang akan memenuhi semua kebutuhan manajemen konfigurasi jaringan Anda.

Kami masuk ke banyak detail pada masing-masing alat kami fitur bleow. Berikut daftar kami alat manajemen konfigurasi jaringan terbaik:

  1. Manajer Konfigurasi Jaringan SolarWinds (COBA GRATIS) Manajer konfigurasi top of the line yang berjalan pada Windows Server. Ini akan mengelola semua merek perangkat jaringan tetapi memiliki fungsionalitas tambahan untuk peralatan Cisco.
  2. ManageEngine Network Configuration Manager (COBA GRATIS) Ditulis dengan standar perubahan jaringan, konfigurasi, dan manajemen kepatuhan (NCCCM), alat ini dapat berjalan di Windows Server atau Linux.
  3. ConfiBack Dinamakan sebagai kontraksi "konfigurasi cadangan," alat ini bebas untuk digunakan dan berjalan pada Windows, Linux, dan Mac OS.
  4. WeConfig Manajer konfigurasi gratis untuk jaringan industri.
  5. rConfig Alat manajemen konfigurasi gratis yang berjalan di Linux.
  6. Net LineDancer NetLD berjalan di Windows Server dan Linux. Layanannya meliputi penemuan dan pemantauan perangkat otomatis.
  7. TrueSight Network Automation Sesuai dengan daftar standar keamanan data, alat ini dipasang di Windows Server dan Linux.
  8. Perangkat 42 Tersedia untuk instalasi atau sebagai layanan berbasis Cloud, alat ini memonitor jaringan Anda terus-menerus untuk kesalahan perangkat serta melindungi dan memperbarui konfigurasi. Berjalan di Windows dan Mac OS.
  9. Pusat Konfigurasi Lan-Secure Setelah penemuan otomatis dan cadangan konfigurasi perangkat, monitor ini akan mencegah semua perubahan yang tidak sah pada pengaturan peralatan Anda.
  10. Add-on Manajemen Konfigurasi Jaringan Emas WhatsUp Selain monitor jaringan WhatsUp Gold, modul Manajemen Konfigurasi akan melindungi konfigurasi peralatan jaringan Anda dari perubahan yang tidak sah.

Kriteria Manajer Konfigurasi Jaringan

Manajer konfigurasi memungkinkan Anda melacak status dan operasi perangkat jaringan Anda. Jadi manajer konfigurasi perlu:

  • Menetapkan basis konfigurasi
  • Snapshot konfigurasi cadangan
  • Monitor untuk perubahan konfigurasi yang tidak sah
  • Aktifkan rollback pengaturan
  • Bagikan pembaruan firmware

Itu adalah fungsi dasar yang Anda butuhkan dari manajer konfigurasi. Beberapa tambahan bagus adalah:

  • Mengaudit untuk kepatuhan standar
  • Pembaruan konfigurasi massal
  • Manajemen tambalan firmware
  • Akun pengguna yang dapat disesuaikan untuk tim

Alat konfigurasi jaringan terbaik

Daftar yang kami buat, pastikan untuk mencakup semua persyaratan penting dari manajer konfigurasi muncul beberapa penemuan bintang. Ini pergi di atas dan di luar konfigurasi dasar Anda perlu memberi Anda banyak fitur. Bacalah deskripsi dari masing-masing saran ini.

1. Manajer Konfigurasi Jaringan SolarWinds (COBA GRATIS)

Manajemen Konfigurasi Jaringan SolarWinds

SolarWinds menawarkan solusi Manajemen Konfigurasi Jaringan terkemuka di industri. Alat ini dibangun di atas platform Orion perusahaan, yang merupakan platform umum untuk serangkaian alat administrasi sistem. Sehingga Network Configuration Manager akan menyesuaikan dengan alat administrasi sistem SolarWinds lainnya. Jika Anda berada di pasar untuk sistem manajemen jaringan yang lengkap, paket Network Automation Manager akan cocok untuk Anda. Ini termasuk Network Performance Monitor dan NetFlow Traffic Analyzer untuk mengawasi ketersediaan peralatan jaringan Anda. Itu Manajer Konfigurasi Jaringan memastikan bahwa perangkat jaringan Anda tidak dirusak dan bahwa Anda dapat mundur dari kesalahan yang dilakukan saat menyesuaikan pengaturannya. Yang ditambahkan ke fungsi-fungsi tersebut adalah switch port mapper, pelacak pengguna akhir, monitor kinerja WAN, dan manajer alamat IP.

Jadi, SolarWinds dapat menawarkan Anda solusi lengkap. Ini adalah rangkaian program pemantauan yang cocok untuk jaringan besar. Jika Anda sudah memiliki perangkat lunak pemantauan jaringan di situs dan Anda hanya ingin mendapatkan manajer konfigurasi, maka penawaran SolarWinds masih merupakan sistem yang sangat baik. Itu Manajer Konfigurasi Jaringan SolarWinds mencakup semua prioritas yang Anda butuhkan untuk tetap mengendalikan perangkat jaringan Anda.

Proses instalasi termasuk pemindaian sistem yang menemukan semua perangkat Anda dan menyimpan snapshot dari konfigurasi mereka saat inis. Sejak saat itu, ketika Anda ingin mengubah konfigurasi perangkat Anda, atau hanya ingin memperbaruinya, Anda membuat perubahan tersebut melalui alat pengelola. Manajer konfigurasi dapat berinteraksi dengan daftar panjang merek perangkat, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang membatasi pembelian peralatan Anda ke satu vendor agar manajemen konfigurasi Anda tetap sederhana. Yang mengatakan, alat itu memang memiliki beberapa fitur yang berfungsi Cisco peralatan daripada yang dapat menyediakan produk dari produsen lain.

Itu Cisco perangkat tambahan termasuk integrasi cek dengan Database Kerentanan Nasional Cisco dalam menyapu audit. Ini memberi Anda peringatan yang sangat kuat akan kekurangan keamanan yang dapat dihilangkan dengan cepat dengan tambalan, pembaruan, atau penyesuaian dalam pengaturan perangkat jaringan. Jika Anda punya Alat Keamanan Adaptive Cisco, itu Manajer Konfigurasi Jaringan SolarWinds memberi Anda wawasan tentang pengaturan perangkat dan membantu Anda mengelola dan mengaudit daftar kontrol akses. Manajer konfigurasi akan memeriksa pembaruan dan tambalan ke firmware ASA Anda dan menginstalnya secara otomatis. Anda mendapatkan layanan serupa jika memiliki Cisco Nexus. Itu Manajer Konfigurasi Jaringan akan membantu Anda memperbarui dan mengauditnya daftar kontrol akses dan memberimu konteks pertahanan virtual dukungan untuk hubungan orang tua / anak.

Otomatisasi tugas konfigurasi jaringan berarti Anda tidak perlu membuat peralatan offline atau bekerja dalam semalam ketika Anda perlu mengubah pengaturan perangkat jaringan Anda.

Itu modul audit dari Manajer Konfigurasi Jaringan memungkinkan Anda menunjukkan kepatuhan dengan standar keamanan. Anda akan sanggup untuk cari perubahan konfigurasi yang tidak sah dan putar kembali secara instan dengan alat ini. Anda bahkan dapat mengotomatiskan koreksi dari perubahan-perubahan tersebut serta banyak tugas manajemen perangkat rutin lainnya.

Itu Manajer Konfigurasi Jaringan memelihara database konfigurasi untuk setiap perangkat. Ini arsip yang terorganisir dengan baik, diindeks, dan dicari membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk mencari file konfigurasi secara manual jika Anda perlu mengganti peralatan dan mendapatkan semua pengaturan perangkat lama yang diunggah ke yang baru. Alatnya pun bisa memantau siklus hidup suatu perangkat dan memberi tahu Anda ketika mendekati akhir masa layanannya.

Dasbor untuk Manajer Konfigurasi Jaringan memiliki kontrol akses dan Anda memutuskan akun pengguna mana yang mendapatkan akses ke informasi mana di konsol. Anda juga dapat memilih untuk tidak memberikan akses ke alat ini kepada anggota tertentu dari tim Anda.

Deskripsi alat ini di sini mencakup semua poin utama dalam pendahuluan yang mencantumkan fitur manajemen konfigurasi dasar dan luar biasa yang harus Anda cari. Anda akan melihat bahwa ada satu fitur yang tidak dicakup alat ini: manajemen tambalan.

Sesungguhnya, manajemen tambalan biasanya merupakan tanggung jawab alat terpisah. Ini adalah kasus dengan pembagian tanggung jawab SolarWinds. Namun, ada modul Patch Manager yang sepenuhnya kompatibel yang tersedia dari SolarWinds yang akan membuat firmware perangkat jaringan Anda tetap terbarui..

SolarWinds menawarkan Anda uji coba gratis 30 hari dari Manajer Konfigurasi Jaringan dan Manajer Patch, yang menginstal pada Windows Server lingkungan Hidup. Tawaran uji coba 30 hari gratis yang sama tersedia untuk Manajer Otomasi Jaringan Sepakat.

Manajer Konfigurasi Jaringan SolarWindsUnduh Percobaan GRATIS 30 hari di solarwinds.com

2. ManageEngine Network Configuration Manager (COBA GRATIS)

ManageEngine Network Configuration Manager

Kelola Engine adalah pesaing untuk mahkota SolarWinds sebagai pemimpin dalam industri perangkat lunak admin jaringan. Perusahaan menjual serangkaian modul terpisah yang juga dapat saling cocok dan berinteraksi membuat infrastruktur terpadu dan sistem pemantauan kualitas layanan TI. Perusahaan Manajer Konfigurasi Jaringan adalah solusi yang sangat komprehensif untuk membantu Anda memastikan integritas perangkat jaringan Anda. Alat ini kompatibel dengan lingkungan multi-vendor. Ia mampu mengelola konfigurasi untuk sakelar, router, dan firewall plus semua jenis perangkat jaringan lain yang Anda miliki di sistem Anda. Alat ini dirancang sesuai dengan perubahan jaringan, konfigurasi, dan manajemen kepatuhan (NCCCM) standar.

Mulai dengan mencadangkan konfigurasi semua perangkat jaringan Anda ke dalam penyimpanan di Manajer Konfigurasi Jaringan. Proses ini otomatis untuk Anda. Itu Kelola Engine alat mencakup banyak proses otomatis yang akan meringankan beban pemeliharaan konfigurasi perangkat jaringan Anda. Tahap operasi selanjutnya adalah sapuan perangkat yang konstan untuk melihat perubahan konfigurasi yang tidak sah. Anda dapat mengatur tindakan yang akan dilakukan secara otomatis ketika varians konfigurasi terdeteksi.

Anda bisa mendapatkan melaporkan perbedaan antara konfigurasi perangkat serupa dan memutuskan serangkaian kebijakan konfigurasi, menerapkan kebijakan berbeda untuk berbagai jenis perangkat. Setelah Anda menstandarkan konfigurasi peralatan Anda, Anda bisa perbarui cadangan konfigurasi Anda, memberi Anda satu set pengaturan standar yang dapat Anda terapkan secara otomatis ke perangkat baru. Layanan pembaruan Manajer Konfigurasi Jaringan bisa juga diterapkan dalam jumlah besar.

Toko cadangan juga berguna saat Anda membutuhkannya mundur dari perubahan yang tidak disengaja atau perubahan konfigurasi yang mengganggu kinerja dan perlu dibalik.

Sistem manajemen konfigurasi termasuk fungsi logging, yang merekam pengguna yang melakukan perubahan pada pengaturan perangkat jaringan. Itu akun dapat ditangguhkan secara otomatis, dan informasi yang Anda dapatkan dari log akan menunjukkan kepada Anda jika akun pengguna telah disusupi.

Dasbor untuk ManageEngine Network Configuration Manager sangat menarik dan mencakup sejumlah perangkat visualisasi untuk membantu Anda melihat perubahan dengan cepat. Konsol dapat disesuaikan untuk peran pengguna, yang menjadikan ini sistem yang baik untuk tim yang mendukung jaringan.

Manfaat akhir dari manajer konfigurasi adalah kemampuannya polling untuk tambalan dan pembaruan untuk firmware perangkat jaringan Anda. Ketika perangkat lunak baru tersedia, manajer akan meluncurkannya dan memperbarui semua perangkat yang sesuai. Jadi kamu mengerti seorang manajer patch terintegrasi dengan alat ini.

Sistem ini lebih baik cocok untuk jaringan menengah dan besar. Perangkat lunak diinstal Windows dan Linux. Ada versi gratis dari Manajer Konfigurasi Jaringan, yang terbatas pada dua perangkat. Mungkin tidak banyak jaringan di luar sana yang hanya memiliki dua perangkat, tetapi tawaran ini akan cocok untuk lingkungan pengujian. Jika Anda memutuskan untuk membeli, Anda bisa cobalah sistemnya terlebih dahulu secara gratis pada uji coba 30 hari.

ManageEngine Network Configuration ManagerUnduh Uji Coba GRATIS 30 hari

3. ConfiBack

ConfiBack

ConfiBack juga dikenal sebagai Cadangan Konfigurasi. Perangkat lunak ini gratis dan tersedia dari situs web Sourceforge. Anda dapat menginstalnya Windows, Linux, dan OS Mac. Ini adalah manajer konfigurasi yang cocok untuk bisnis kecil untuk melindungi perangkat jaringannya. Alat ini hampir tidak secanggih tiga opsi sebelumnya pada daftar ini. Namun, jika Anda tidak punya uang untuk seorang manajer konfigurasi, dapatkan ConfiBack adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada pergi tanpanya.

Anda perlu meminta sistem untuk membuat cadangan konfigurasi untuk perangkat. Namun, Anda dapat menjadwalkan proses pencadangan untuk berlangsung secara teratur. Deteksi perubahan adalah proses manual yang didukung antarmuka. Kamu butuh buat cadangan versi perangkat saat ini lalu bandingkan dengan cadangan asli dengan beda perintah. Proses ini menyinkronkan garis-garis dalam dua file dan mengeluarkan garis-garis yang berbeda. Hasil dari utilitas ini disimpan ke file teks.

Itu ConfiBack perangkat lunak proyek sumber terbuka, sehingga Anda dapat menyisir kode pemrograman jika Anda mau. Keterbukaan ini adalah metode umum untuk memastikan pengguna bahwa tidak ada kelemahan keamanan tersembunyi dalam program dan bahwa mereka tidak mengandung kode peretas.

Bebas ConfiBack perangkat lunak tidak termasuk prosedur otentikasi pengguna dan tidak memiliki manajer tambalan modul.

4. WeConfig

WeConfig

WeConfig ditagih sebagai manajer konfigurasi untuk jaringan industri. Alat ini adalah produk dari Westermo, yang membuat peralatan jaringan tahan lama lingkungan lantai toko. Manajer konfigurasi sebenarnya hanya dimaksudkan untuk perangkat Westermo. Namun, ia juga bekerja dengan peralatan jaringan dari pabrikan lain karena itu bergantung pada sistem SNMP universal.

Siapa pun dapat mengunduh WeConfig perangkat lunak secara gratis dari situs web Westermo. Alat menginstal Windows lingkungan. Setelah menginstal perangkat lunak, Anda harus memberitahukannya kepada memindai jaringan. Ini akan dikompilasi peta jaringan dan log semua perangkat jaringan dalam WeConfig basis data. Anda dapat mengatur ulang peta jaringan secara manual jika tampilan ikon sedikit berantakan. Setelah puas dengan tata letak, Anda dapat menguncinya untuk mencegah siapa pun memindahkan atau menghapus elemen secara tidak sengaja. Setiap ikon adalah tautan ke detail tentang perangkat yang diwakilinya dan Analisis tampilan menunjukkan grafik pada pengoperasian peralatan jaringan di jaringan Anda. Basis data perangkat tidak akan memperbarui secara otomatis; Anda harus mengeluarkan perintah pemindaian lagi setiap kali Anda ingin inventaris diperbarui.

Manajer konfigurasi memungkinkan Anda memerintahkan penyimpanan konfigurasi perangkat ke file dan memuat file konfigurasi ke perangkat. Anda dapat menghapus atau mengedit konfigurasi pada perangkat.

Itu WeConfig sistem membutuhkan banyak intervensi manual. Namun, layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan konfigurasi. Untuk memeriksa perubahan pada konfigurasi perangkat, Anda harus menugaskan salinan konfigurasi saat ini dan lakukan perbandingan file dengan menyimpan pengaturan asli. Untuk memperkenalkan prosedur otomatis Anda sendiri, Anda bisa mengatur pengumpulan dan perbandingan versi file konfigurasi dalam pekerjaan batch.

Fitur dari WeConfig termasuk beberapa fungsi pemantauan jaringan dasar yang berguna. Namun, pengumpulan data hanya dilakukan berdasarkan permintaan, sehingga Anda tidak akan mendapatkan peringatan tentang kondisi yang tidak terduga. Antarmuka tidak menyertakan otentikasi pengguna apa pun dan Anda tidak dapat mengadaptasi dasbor, jadi ini bukan alat yang akan Anda bagikan ke tim administrator. Alat ini cocok untuk jaringan kecil.

5. rConfig

rConfig

Lain manajer konfigurasi gratis yang bisa Anda coba disebut rConfig. Alat ini tersedia dari GitHub situs web. GitHub membuat kode alat ini tersedia sehingga Anda dapat memeriksanya apakah ada kelemahan keamanan atau bahkan menyesuaikannya untuk menulis versi Anda sendiri. Perangkat lunak ini berjalan CentOS dan RHEL Linux.

Alatnya adalah dapat mendeteksi semua perangkat jaringan Anda dan Anda dapat memerintahkannya untuk salin konfigurasi masing-masing ke dalam file. Rekaman konfigurasi bisa dijadwalkan, memberi Anda pandangan status secara teratur. Semua tindakan dapat dilakukan pada semua perangkat, pada kategori perangkat, atau pada perangkat individual.

Pemeriksaan perubahan konfigurasi memerlukan beberapa intervensi manual dan didasarkan pada model perbandingan file. Anda dapat mendistribusikan konfigurasi dari penyimpanan file ke perangkat. Sekali lagi, ini dapat disiarkan ke semua perangkat, pembaruan hanya satu kategori perangkat, atau ke perangkat individu. Anda dapat mengatur kebijakan di rConfig sistem dan gunakan Manajer Kepatuhan Konfigurasi untuk memeriksa bahwa semua konfigurasi pada jaringan Anda memenuhi spesifikasi tersebut.

Kekurangan dari rConfig dibandingkan dengan alat-alat lain dalam daftar ini adalah bahwa itu tidak termasuk otentikasi pengguna, sehingga hanya boleh diinstal pada satu komputer yang aman. Ini artinya alat ini hanya cocok untuk jaringan kecil dan bukan yang dikelola oleh tim.

6. Net LineDancer

Net LineDancer

Net LineDancer, yang juga dikenal sebagai NetLD, tidak bebas untuk digunakan, tetapi Anda dapat mencobanya uji coba gratis 30 hari. Net LineDancer memiliki semua fitur yang Anda butuhkan dari manajer konfigurasi. Itu secara otomatis mencatat semua perangkat dan mengambil snapshot dari konfigurasi mereka untuk membangun baseline yang disimpan. Sapu konfigurasi selanjutnya dapat mengidentifikasi perubahan pada setiap perangkat. Perbandingan-perbandingan itu juga dapat dilakukan berdasarkan permintaan.

File konfigurasi yang disimpan dapat dimuat ulang ke peralatan secara massal, berdasarkan tipe perangkat, atau secara individual. Perangkat lunak ini dapat mengelola ribuan perangkat dan proses pemantauan dapat diotomatisasi melalui alat ini.

Fitur pelaporan alat mencatat pengguna yang melakukan perubahan pada pengaturan perangkat. Penambahan perangkat lunak dapat membantu Anda memonitor VLAN dan VM. Net LineDancer diinstal pada Windows Server versi dan juga aktif CentOS dan RHEL Linux. Produk kedua dari LogicVein disebut StreetDancer Bersih. Ini adalah versi cut-down dari Net LineDancer, yang mencakup 80 persen kemampuan Net LineDancer. StreetDancer Bersih, yang juga disebut NSD dan netSD, adalah bebas untuk digunakan.

Net LineDancer dan StreetDancer Bersih mencakup semua fungsi penting yang Anda butuhkan dari manajer konfigurasi. Namun, itu tidak termasuk fitur yang lebih tinggi yang Anda perlukan untuk sistem yang dikelola tim - tidak memiliki kontrol akses. Kedua sistem ini juga tidak termasuk fungsi manajemen tambalan. Net LineDancer dan StreetDancer Bersih akan menjadi ideal untuk jaringan kecil.

7. Otomasi Jaringan TrueSight

Manajer Konfigurasi TrueSight

Software BMC baru-baru ini mengubah nama alat pemantauan jaringannya dari Otomatisasi Jaringan BladeLogic untuk TrueSight Network Automation. Paket yang baru dirubah ini patut dilihat jika Anda berada di pasar untuk manajer konfigurasi.

BMC telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus dengan sistem konfigurasi baru karena telah memperhatikan persyaratan standar yang banyak bisnis berbasis data harus mematuhi untuk memenangkan kontrak dan tetap memegang perjanjian tingkat layanan (SLA). Standar konfigurasi ditentukan oleh "kebijakan". Sistem ini dikirimkan dengan kebijakan pra-tertulis yang menjamin kepatuhan dengan serangkaian persyaratan integritas sistem: NIST, HIPAA, PCI, CIS, DISA, SOX, dan SCAP. Tampaknya tidak ada kebijakan pra-tertulis untuk GDPR namun.

Jika Anda terikat secara kontrak atau hukum untuk menegakkan salah satu standar ini, Anda akan sangat terbantu dalam tugas Anda oleh TrueSight Network Automation. Sistem tidak hanya mencantumkan pengaturan yang dibutuhkan perangkat jaringan untuk memenuhi standar yang diberikan, tetapi juga memberlakukan persyaratan tersebut. Metode ini akan menghemat banyak waktu Anda membaca standar mendokumentasikan dan mencoba mencari cara menerjemahkan persyaratan ke dalam pengaturan perangkat.

Sistem dimulai oleh memindai sistem, masuk semua perangkat, memeriksa kepatuhan, dan menyesuaikan pengaturan perangkat. Setelah itu, monitor akan mencadangkan semua konfigurasi. TrueSight akan terus memindai dan mencegah perubahan apa pun atau mengingatkan Anda ketika itu terjadi. Anda dapat mengembalikan konfigurasi standar secara manual, tetapi opsi otomatis TrueSight akan melakukan tugas itu untuk Anda.

Konsol dari TrueSight Network Automation dapat dialokasikan dalam beberapa bagian ke grup pengguna yang berbeda. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat dasbor yang berbeda tersedia untuk anggota tim yang berbeda.

Perubahan konfigurasi dan pembaruan firmware dapat dilakukan diluncurkan dalam jumlah besar. Sistem akan mendeteksi tambalan dan pembaruan baru dan mengingatkan Anda akan tambalan-tambalan itu; ini kemudian akan diinstal secara otomatis pada semua perangkat yang relevan dengan persetujuan Anda.

TrueSight Network Automation memiliki modul pendamping, yang disebut TrueSight Vulnerability Management. Pilihan tambahan opsional ini memindai ancaman keamanan dan memblokirnya. Itu juga tetap berhubungan dengan sumber vendor dan Basis Data Kerentanan Nasional NIST untuk mendeteksi kelemahan keamanan dan mengingatkan Anda tentang perlunya menambal sistem ketika solusi yang relevan tersedia. Pemantauan kerentanan ini berlaku untuk server maupun perangkat jaringan.

Alat ini dapat diinstal pada Windows Server dan RHEL dan Ubuntu Linux. Anda harus membayar untuk perangkat lunak konfigurasi jaringan ini. Meskipun BMC menawarkan uji coba gratis untuk beberapa produknya, tidak ada periode uji coba gratis yang tersedia untuk Otomasi Jaringan True Sight atau Manajemen Kerentanan TrueSight.

8. Perangkat42

Perangkat42

Perangkat42 adalah kombinasi yang mengesankan modul manajemen infrastruktur. Alat ini termasuk Manajemen aset TI, Manajemen alamat IP, manajemen infrastruktur pusat data, dan manajemen konfigurasi. Jika Anda mengoperasikan pusat data baik untuk layanan in-house atau sebagai penyedia eksternal, Anda harus memperhatikan opsi manajemen konfigurasi ini. Fungsi yang menyertai alat ini membuatnya sangat menarik untuk pusat data.

Itu Perangkat42 sistem tersedia untuk di instalasi tempat atau sebagai layanan berbasis cloud. Instalasi dimulai dengan mencatat inventaris peralatan Anda dan mencadangkan konfigurasi masing-masing. Monitor menyapu jaringan secara terus menerus untuk melihat perubahan dalam pengaturan perangkat jaringan Anda. Pelacak tidak hanya mencatat semua pengaturan perangkat, tetapi juga mencatat versi firmware masing-masing. Ini juga mencakup sistem operasi server Anda dan semua aplikasi dan perangkat lunak yang dimuat ke dalamnya.

Itu Perangkat42 semua fasilitas dikunci oleh prosedur otentikasi. Anda dapat menambahkan akun baru untuk anggota tim individu, sehingga alat ini cocok untuk jaringan menengah dan besar yang didukung tim.

Perangkat42 dibayar dengan berlangganan. Ada tiga level rencana untuk alat ini, dan untungnya, modul manajemen konfigurasi termasuk dalam paket Core, yang merupakan versi perangkat lunak termurah. Anda dapat melihat sistem dengan demo online gratis. Jika Anda ingin maju dan membeli sistem, Anda mendapatkannya masa percobaan 30 hari, sehingga Anda dapat mundur di bulan pertama dan mendapatkan semua uang Anda kembali. Perangkat lunak ini dapat diinstal pada Windows, OS Mac dan Anda bisa mendapatkannya Linux komputer melalui lingkungan virtual. Anda juga dapat mengintegrasikan layanan dengan Biru langit, dan AWS Pelayanan online.

9. Pusat Konfigurasi Lan-Secure

Pusat Konfigurasi Lan-Secure

Itu Pusat Konfigurasi dari Lan-Secure memiliki antarmuka tanpa embel-embel, tetapi memberikan layanan manajemen konfigurasi yang kompeten. Alat ini memiliki semua kemampuan penting yang Anda butuhkan untuk mengontrol pengaturan perangkat jaringan Anda.

Itu Pusat Konfigurasi akan memindai sistem Anda untuk mendaftarkan semua perangkat jaringan Anda dan kemudian membuat cadangan pengaturannya. Setelah fase admin ini selesai, Anda dapat memeriksa konfigurasi perangkat Anda dan putuskan kebijakan yang benar untuk kewajiban integritas sektor dan data perusahaan Anda.

Perangkat lunak manajemen jaringan dapat dikelola lingkungan multi-vendor dan akan memungkinkan Anda untuk memperbarui pengaturan semua perangkat, jenis perangkat tertentu, atau perangkat individual.

Itu Pusat Konfigurasi perangkat lunak akan secara berkala periksa pengaturan masing-masing perangkat dan membandingkannya dengan cadangan konfigurasi yang disimpan dalam penyimpanan. Tergantung pada bagaimana Anda mengatur sistem, deteksi perubahan konfigurasi yang tidak sah akan baik meminta peringatan atau kembalikan otomatis ke pengaturan yang disetujui diadakan di cadangan untuk perangkat itu. Lansiran dapat dikirim melalui email kepada anggota tim yang telah diberi tanggung jawab.

Alat itu bisa kelola situs jarak jauh serta pusat tempat semua cadangan konfigurasi Anda disimpan. Komunikasi antar-situs dilindungi oleh Keamanan SSH.

Perangkat lunak ini dapat diinstal pada Windows. Anda harus membayar untuk Pusat Konfigurasi, tapi harganya sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan uji coba gratis 30 hari sistem untuk menilai sebelum Anda membeli.

10. WhatsUp Add-on Manajemen Konfigurasi Jaringan Emas

Manajer Konfigurasi Jaringan Emas WhatsUp

WhatsUp Gold adalah rangkaian manajemen jaringan yang diproduksi oleh Ipswitch. Perusahaan menawarkan Manajemen konfigurasi modul yang tersedia sebagai tambahan paket pemantauan jaringan inti. Itu WhatsUp Gold Total Plus paket termasuk Manajemen konfigurasi add-on dan juga add-on untuk analisis lalu lintas jaringan, pemantauan aplikasi, dan pemantauan virtualisasi.

Itu WhatsUp Gold Configuration Management add-on memberi Anda kemampuan untuk menjaga integritas perangkat jaringan Anda. Operasi awal manajer adalah pengumpulan statistik di fase penemuan. Ini menyusun inventaris semua perangkat Anda dan katalog konfigurasi setiap. Informasi ini disimpan di toko pusat.

Setelah Anda mencatat semua data itu, Anda dapat melihat status pengaturan pada setiap perangkat dan memastikan bahwa semuanya merupakan kode terbaru. Toko memungkinkan Anda untuk salin konfigurasi dari perangkat yang sudah pensiun ke yang baru dan Anda juga dapat membatalkan kesalahan yang dibuat selama latihan perubahan konfigurasi. Manajer akan melakukannya terus membandingkan konfigurasi saat ini perangkat Anda ke toko referensi, membuatnya dapat cari perubahan yang tidak sah. Perubahan itu dapat dibalik dengan mengembalikan profil konfigurasi resmi yang disimpan dalam arsip.

Proses audit dilakukan secara otomatis, seperti prosedur restorasi yang perlu diimplementasikan begitu perubahan konfigurasi yang tidak sah terlihat. Anda bisa meluncurkan setiap perubahan resmi secara massal, berdasarkan tipe perangkat, atau secara individual. Itu proses otomatis dari WhatsUp Gold termasuk pembatasan pengguna dalam hal terjadi perubahan yang tidak sah. Anda dapat mengatur akses terbatas ke Manajemen konfigurasi alat, yang memerlukan otentikasi pengguna, sehingga Anda dapat membatasi ketersediaannya hanya untuk beberapa anggota tim sysadmin Anda.

Fungsi audit dan keamanan dari Manajemen konfigurasi add-on memungkinkan Anda untuk mengimplementasikan, mengonfirmasi, dan melaporkan kepatuhan dengan standar integritas jaringan. Ini mungkin berlaku untuk kontrak layanan atau membentuk persyaratan untuk proses penawaran ketika Anda ingin memenangkan klien baru. Itu Manajemen konfigurasi add-on even termasuk fungsi manajemen tambalan yang akan memastikan semua firmware perangkat Anda dipertahankan hingga versi terbaru. Itu persyaratan lain untuk kepatuhan standar perlindungan data.

Anda harus menginstal WhatsUp Gold sebelum Anda dapat memiliki Manajemen konfigurasi alat dari Ipswitch. WhatsUp Gold terutama memantau kesehatan perangkat jaringan dan server. Jika Anda ingin mendapatkannya analisis lalu lintas jaringan dan manajemen konfigurasi, tetapi Anda tidak tertarik dengan pengaya lain yang termasuk dalam WhatsUp Gold Total Plus paket, Anda dapat memilih untuk Bundel Admin Jaringan, yang hanya mencakup kedua add-on tersebut bersama dengan WhatsUp Gold Premium rencana.

WhatsUp Gold dan add-on-nya diinstal Windows Server lingkungan. Solusi ini cocok untuk jaringan menengah dan besar. Anda bisa mendapatkan uji coba gratis 30 hari dari WhatsUp Gold dan Manajemen konfigurasi modul.

Memilih sistem manajemen konfigurasi

Anda akan menemukan beberapa sistem yang sangat komprehensif dalam daftar ini dan beberapa pesaing yang layak yang harganya sedikit atau tidak ada uang. Ketika Anda memilih sistem manajemen konfigurasi untuk jaringan Anda, Anda harus melakukannya pertimbangkan persyaratan sistem, khususnya sistem operasi yang dapat dijalankan oleh perangkat lunak untuk mempersempit pilihan Anda.

Ukuran jaringan Anda dan ketersediaan dana akan menjadi pertimbangan penting lainnya yang akan memandu Anda menuju alat manajemen konfigurasi yang tepat untuk perusahaan Anda. Kemampuan untuk mencoba sistem uji coba gratis atau tawaran jaminan uang kembali harus membantu Anda mempersempit penilaian Anda. Jika Anda dapat mencoba sebelum membeli tanpa kewajiban, Anda akan lebih percaya diri untuk menginstal perangkat lunak. Jika tidak, Anda mungkin terlambat mengetahui bahwa ini sulit digunakan atau tidak sesuai dengan kebutuhan manajemen konfigurasi Anda.

Bidang keamanan cyber menjadi sangat panas sekarang. Namun, jangan membatasi perlindungan jaringan Anda hanya pada peralatan dan tindakan yang menghadapi internet. Terkadang, firewall, layanan perlindungan serangan, dan sistem deteksi penyusup gagal. Garis pertahanan kedua Anda terletak pada kontrol atas pengaturan perangkat jaringan Anda dan kebijakan untuk menjaga semua firmware dan sistem operasi tetap mutakhir dengan pembaruan dan tambalan sistem terbaru.

Itu otomatisasi komprehensif ditawarkan oleh banyak alat dalam daftar ini berarti Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membahas manajemen konfigurasi perangkat. Jadi, bahkan jika Anda menjalankan jaringan untuk perusahaan kecil, tidak ada alasan untuk tidak menerapkan manajemen konfigurasi dan mengubah kontrol pada jaringan Anda.

Sudahkah Anda menerapkan sistem manajemen konfigurasi untuk jaringan Anda? Manajer mana yang Anda pilih, dan mengapa? Tinggalkan pesan di Komentar bagian di bawah ini untuk berbagi pengalaman Anda dengan seluruh komunitas.

Brayan Jackson Administrator
Candidate of Science in Informatics. VPN Configuration Wizard. Has been using the VPN for 5 years. Works as a specialist in a company setting up the Internet.
follow me

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − = 48